Buka Bersama di rumah Singgah Dian Mitra

Assalamu'alaykum wr wb sahabat..

Masih ingat kegiatan kami yang Sale Bulan Ramadhan kan? Masih ingat kan ya, kan baru beberapa hari lalu kami launching kegiatannya..Sebelumnya kami ucapkan terima kasih atas partisipasi sahabat sekalian dalam acara ini. Alhamdulillah kegiatan buka bersama dan pembagian sembako dapat berjalan dengan lancar pada Senin, 13 Agustus 2012 di Rumah Singgah Dian Mitra, gang tongkang, Senen, Jakarta Pusat. Karena waktu yang singkat, kami ucapkan pula permohonan maaf yang sebesar-besarnya untuk sahabat yang belum sempat berpartisipasi dalam kegiatan kali ini. Insya Alloh sahabat masih dapat berpartisipasi untuk kegiatan kami selanjutnya.

Sahabat...Sebelumnya ijinkan kami untuk menyampaikan sedikit curhat kami. Jadi, sebelum acara ini fix akan dilaksanakan, kami sempat ragu. Mengingat persiapannya yang sekitar sepekan, kami agak khawatir terkait donasi untuk kegiatan tersebut. Setelah koordinasi dengan mb Veny (beliau ini adalah salah satu pembina Rumah Singgah Dian Mitra), anak asuh yang akan hadir pada kegiatan kami adalah sekitar 70 orang ditambah 15 orang dari panti asuhan di Tangerang  yang berada di bawah yayasan yang sama. Itu artinya kami harus mempersiapkan 85 paket makan dan sembako. Ketika membicarakan anggaran itu, sempet was2 dananya bakal cukup atau ga. Tapi kami putuskan untuk tetap dilaksanakan  Urusan donasi yang terkumpul, sambil jalan saja, semoga cukup aja pas hari H. 

Kamis 9 Agustus 2012,  kegiatan buka bersama ini baru dipublish via blog ini. Waktu yang tersisa tinggal 4 hari sebelum hari H. Tapi seluruh pengeluaran untuk kegiatan tersebut sudah harus diselesaikan sebelum hari H. Pengeluaran ini utamanya adalah untuk pembelian sembako dan pemesananan paket makan untuk buka.

Sabtu, 11 Agustus 2012, kami melaksanakan briefing yang  rencana dilanjutkan belanja sembako. Lagi-lagi ketika sampai pada anggaran, per tanggal tersebut, uang yang ada untuk pembelian sembako masih cukup. tapi uang untuk paket buka belum nutup masih kurang sekitar Rp1.000.000,00. Kalo kurangnya segitu masih sangat optimis bisa nutup. Ketika masih briefing itulah salah seorang personil Zhafira yang kebetulan tidak dapat hadir pada briefing tersebut, mengabarkan bahwa donasi yang terkumpul di dia ada Rp1.000.000,00 1n, fyuuh..Alhamdulillah kami semua bernapas lega. Paling tidak uang yang terkumpul sudah menutupi anggaran yang direncanakan. Jadilah siang itu kami berbelanja sembako. 

Sebelum belanja, kami sudah searching harga di web, jadi sudah membuat list barang yang akan dibelanjakan dengan anggaran yang dibuat sangat mepet. Tapi kenyataan di lapangan kadang tidak sesuai  dengan rencana. Di lapangan, ternyata ada beberapa item barang yang harga promonya tidak bisa diambil semua, stoknya habis, atau bahkan sudah tidak tersedia harga promo, tapi ada juga sih harga barang yang  ternyata dibawah yang dianggarkan. Jadi masih bisa lah subsidi silang antar barang. Hari itu kami berbelanja dengan sukses. Tercatat banyak belanjaan kami mencapai 8 trolley. Berhubung sebelumnya tidak terbayang jika belanjaan kami akan sebanyak itu, jadi belum mempersiapkan transportasi untuk mengangkut semuanya. Habisnya kami pikir pakai beberap taxi aja cukup, tapi liat barangnya udah dalam box-box agak besar gitu, emang butuh berapa taxi coba. Akhirnya diputuskan untuk menyewa pick up saja. Telp lah ke pemilik pick up untuk menjemput kami. Alhamdulillah ada tukang angkutnya sekalian, jadi kami ga perlu repot angkat-angkat barang. Tapi untuk sewa pick up ini, kami ga bisa menawar dengan harga murah T_T

Ahad, 12 Agustus 2012..Agenda kami adalah packing sembako. Oh ya hari sebelumnya sudah mulai dicicil sih. Tapi belum selesai semua. Jadi, Ahad ini kami menyelesaikan packing 85 paket sembako. Alhamdulillah diijinkan untuk memakai lantai bawah pemilik kos. Jadi dapat tempat agak lega. Pun setelahnya dapat tempat pula untuk menginapkan paket sembako semalam lagi di rumah pemilik kos. Jadinya kami kan ga perlu angkat naik turun 85 paket sembako itu. Alhamdulillah, masih dimudahkan Alloh..:)

Kemudahan lain datang ketika untuk transportasi dari basecamp ke rumah singgah akan dibantu oleh seorang bapak baik hati yang bersedia mengantar. Semoga Alloh mencurahkan rahmatNya untuk beliau. Untuk ta'jil dan makan besar juga sudah selesai dipesan, dan dianatar Senin sore. oke, jadi Ahad itu sudah fix semua, tinggal eksekusi di hari Senin. 

Senin, 13 Agustus 2012.. Hingga hari H, masih ada donasi yang masuk. Itu artinya justru surplus. Rencananya seluruh surplus tersebut akan disampaikan ke rumah singgah tersebut dalam bentuk tunai (untuk laporan pertanggungajwaban donasinya akan diposting setelah posting ini). 

Menurut rundown, acara akan dimulai pukul 17.00. Mulai pukul 15.45 personil Zhafira sudah mulai bergerak. sebagian mengambil sembako dan paket makan di basecamp. Sebagian akan langsung menuju TKP untuk menghandle adek-adek. tidak ada kendala berarti dalam pengangkutan sembako hingga TKP. Pun sampai sana teman-teman sudah langsung menghandle acara. Jadi tidak ada keterlambatan yang signifikan.

Sore itu,sekitar 70 anak sudah berkumpul di lantai 2 rumah singgah Dian Mitra. Acara dimuali dengan cerita nabi Sulaiman. Adek-adek cukup antusias mendengarkan, ya walaupun ada sebagian yang ngobrol sendiri, diem aja di ujung, atau malah ga perhatiin sama sekali. tapi secara keseluruhan mereka cukup antusias mendengarkans ambil sesekali menjawab pertanyaan yang diajukan. Tentu harus diming-imingi hadiah. hadiahnya ada buku, coklat, permen, dan snack lainnya.


Selesai dengan nabi Sulaiman, dilanjut cerita moral tentang ludah. Tidak terasa sebentar lagi adzan Maghrib. Cerita selesai, selanjutnya mulai bersiap untuk berbuka dengan ta'jil. Ta'jil sore itu adalah es buah dan kurma. Begitu adzan berkumandang, kami buka puasa bersama. Kemdian dilanjutkan dnegan solat Maghrib berjamaah. Selesai solat maghrib adalah makan besar. Terakhir adalah penutupan sekalian dengan pembagian sembako.



Secara keseluruhan, acara tersebut sudah berlangsung dengan lancar. Seluruh amanah sahabat sudah disalurkan. Untuk sisa dana, isnya Alloh seluruhnya akan disampaikan tunai.Sekali lagi kami ucapkan terima kasih atas pasrtisipasi sahabat sekalian.

ajrakallahu fii maa a’thaita, wa baaraka la ka fii maa abqaita

Semoga Allah membalas Anda dengan pahala karena apa-apa yang engkau berikan, dan semoga Allah memberkahi Anda karena apa yang engkau abadikan
Wassalamu'alaykum wr wb



1 komentar:



Yuli Setyowati mengatakan...

Alhamdulillah diberi banyak kemudahan, Ditunggu agenda selanjutnya ya :D

Posting Komentar

Tinggalkan jejak sahabat disini ya...